Tidak Mau Kan Tertipu Saat Membeli Produk Di Supermarket Yuk Ikuti Tips Berikut

Tidak Mau Kan Tertipu Saat Membeli Produk Di Supermarket? Yuk Ikuti Tips Berikut

Tidak Mau Kan Tertipu Saat Membeli Produk Di Supermarket? Yuk Ikuti Tips Berikut – Supermarket memang menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja. Selain diberikan kebebasan untuk memilih produk, kebersihan dan keamanan yang ditawarkan pun menjadi pertimbangan. Namun seperti yang kita ketahui, segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Begitu pula dengan supermarket. Walaupun diberikan kebebasan memilih produk yang kita inginkan, kita tidak dapat menawar harga produk tersebut. Lain halnya jika kita berbelanja di pasar tradisional, kita akan berhadapan langsung dengan sang penjual sambil menawar produk tersebut. Jika telah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, barulah produk itu bisa kita dapatkan.

Kembali lagi membahas supermarket. Karena kita telah diberikan kebebasan memilih produk, maka kita harus memanfaatkannya untuk memilih produk berkualitas. Walaupun sudah dilakukan pemeriksaan oleh pihak supermarket sebelum produk tersebut dipajang. Namun, apa salahnya untuk kita lebih teliti dan berhati-hati agar tak menyesal. Oleh karena itu, kita akan membahas tips memilih produk di supermarket.

1. Perhatikan Batas Aman Produk Tersebut Digunakan
Batas aman produk untuk digunakan atau yang lebih dikenal dengan istilah “kadaluarsa” adalah hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli produk. Produk yang sudah mencapai batas aman untuk digunakan sudah pasti tidak baik lagi untuk kesehatan. Produk yang kadaluarsa pasti sudah terdapat bakteri dan jamur. Salah satu akibat yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi produk kadaluarsa keracunan. Untuk itu, berhati-hati dalam memilih produk di supermarket walaupun pemeriksaan berkala sering dilakukan pihak supermarket.

2. Jangan Memilih Produk Yang Sudah Dikemas Ulang
Produk yang sudah dikemas ulang biasanya tingkat kebersihannya sudah berkurang. Bagaimana tidak? Produk yang sudah dikemas rapi akan dibuka lagi dan diganti dengan kemasan baru yang kebersihannya belum terjamin. Selain itu, produk yang dikemas ulang biasanya memiliki batas aman untuk digunakan yang sudah dekat. Daripada kamu ragu, lebih baik hindari membeli produk tersebut.

3. Kemasan Produk
Saat membeli sebuah produk, pastikan kemasan produk tersebut masih bagus, tidak terbuka, maupun cacat. Karena produk yang terbuka maupun cacat sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri.

4. Kandungan Yang Terdapat Dalam Produk
Kandungan yang terdapat dalam produk menunjukkan kualitas dari produk tersebut. Jika terdapat kandungan yang tidak kamu tidak mengerti, tanyakan pada orang yang paham atau cari di internet. Walaupun kandungan berbahaya yang terdapat dalam produk tersebut sedikit, namun lebih baik dihindari. Kandungan berbahaya yang dikonsumsi secara terus menerus dapat merusak organ tubuh. Kamu juga perlu menghindari membeli produk makanan yang terlalu mencolok. Karena warna yang terlalu mencolok biasanya berasal dari pewarna sintetis.

5. Pilih Produk Tertentu Yang Berada Di Posisi Belakang
Siapa disini yang jika membeli produk di supermarket memeilih yang berada di posisi belakang? Sebenarnya hal tersebut tidak salah, justru lebih baik. Khususnya produk seperti minyak wangi, sabun cair, dan kosmetik. Produk tersebut sering digunakan untuk percobaan oleh calon pembeli. Selain itu produk yang berada diposisi belakang memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terkontaminasi. Baik oleh jamur maupun bakteri.

6. Harga Yang Ditawarkan
Bukan menjadi hal umum lagi bahwa harga yang ditawarkan untuk produk supermarket lebih mahal dibandingkan jika kita membeli di pasar tradisional. Jadi, jika kalian sedang berhemat lebih baik kalian belanja di pasar tradisional biasa yang harganya lebih rendah.

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!